Raja Ampat Island

Raja Ampat merupakan suatu rangkaian gugusan kepulauan yang berada di Provinsi Papua Barat. Empat gugusan kepulauan di Raja Ampat terdiri dari Pulau Waigeo, Batanta, Misool, dan Salawati. Raja Ampat Island telah diakui sebagai wisata bawah laut terbaik di dunia karena keragaman hayati bawah laut. Banyak wisatawan yang menjadikan Raja Ampat sebagai tujuan melakukan diving maupun snorkeling untuk menikmati keindahan alam bawah laut.

Kekayaan Sumber Daya Alam Raja Ampat

Raja Ampat Island adalah kepulauan wisata terbaik untuk aktivitas penyelaman. Spesies jenis ikan dapat Anda temukan ketika berada di bawah laut. Oleh karena itu, Raja Ampat dijuluki sebagai hutan Amazon.  Pulau Raja Ampat juga terkenal dengan kelengkapan flora dan faunanya di bawah laut. Jika Anda berjalan menyusuri pantai, Anda akan merasakan lembutnya pasir putih yang indah. Birunya air laut memanjakan mata untuk tidak bosan melihatnya.

Di Pulau Wayag Raja Ampat, Anda dapat menikmati pulau karang. Selain itu juga terdapat burung cenderawasih sebagai fauna khas Papua. Kekayaan sumber daya alam lain yang dapat dinikmati termasuk dalam kuliner dan seni di Raja Ampat Island. Biasanya setiap perayaan hari Ulang Tahun Raja Ampat masyarakat mengadakan pertunjukan seni suling bambu.

Raja Ampat Island

Raja Ampat Island

Kehidupan Masyarakat Raja Ampat

Raja Ampat Island dihuni oleh suku Maya dengan agama yang berbeda-beda. Meskipun berbeda agama, tetapi rasa persatuan masih terjaga dengan baik. Penduduk Raja Ampat saling hidup rukun dan memiliki sifat ramah dalam menjamu tamu atau wisatawan yang hadir.masyarakat Raja Ampat sangat menjaga kelestarian alam. Pekerjaan mayoritas sebagai nelayan tidak dilakukan dengan cara yang kasar dalam menangkap ikan. Mereka menangkap ikan dengan cara menyelam atau ditombak. Inilah yang menjadikan Raja Ampat Island terlihat keasriannya.

Para ibu di Raja Ampat sangat kreatif membuat anyaman berbentuk tas atau topi. Hasil karyanya dijual karena memiliki nilai harga yang tinggi. Akibat dari keuletan dalam membuat kerajinan, kini masyarakat sedang mempromosikan hasil karya masyarakat Raja Ampat Island untuk dipromosikan kepada wisatawan.

Itulah kekayaan alam serta kehidupan masyarakat di Raja Ampat yang mengundang daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Tidak pernah akan ada habisnya jika membahas pulau cantik di Papua ini.