Sejarah Raja Ampat Papua

Raja Ampat yang berlokasi di Papua Barat memiliki keelokan di mata dunia. Banyak wisatawan lokal dan asing yang menjadikan Raja Ampat sebagai tempat tujuan menyelam. Hal ini disebabkan oleh keindahan alam bawah laut dengan keanekaragaman biotanya. Meskipun membutuhkan kantong tebal untuk dapat menikmati kepulauan Raja Ampat, tetapi bukanlah menjadi masalah. Keindahan alamnya memang pantas untuk dinikmati. Tentunya sebagai tempat yang eksotis Anda perlu mengetahui sejarah Raja Ampat Papua agar tidak merasa penasaran.

Mengetahui Sejarah Raja Ampat Papua

Kepulauan Raja Ampat berpenduduk suku Waigeu, yakni suku maya sebagai suku terbesar yang mendiami Raja Ampat. Dilihat dari sejarah Raja Ampat Papua, pada mulanya dikuasai oleh kesultanan Tidore. Sesuai dengan namanya Raja Ampat adalah Kesultanan Tidore yang menunjuk empat orang raja untuk menguasai empat pulau terbesar di daerah tersebut, yaitu Pulau Batanta, Waigeo, Misool, dan Salawati. Keempat raja yang menguasai gugusan empat pulau terbesar itulah sebagai awal mula nama Raja Ampat.

Adapun sejarah Raja Ampat Papua berdasarkan Suku Maya di Papua yakni diceritakan seorang perempuan yang menemukan tujuh telur. Empat butir telur menetas menjadi empat raja yang menguasai empat pulau terbesar di daerah tersebut.

Sejarah Raja Ampat Papua

Sejarah Raja Ampat Papua

Mengenal Wilayah Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah pulau yang memiliki hari jadi pada 9 Mei. Kabupaten Raja Ampat kurang lebih terdiri dari 610 pulau. Raja Ampat terletak di kota Waigeo atau Wasai. Sebagai kabupaten hasil pemekaran dari kota Sorong pada tahun 2003, saat ini Raja Ampat memiliki beberapa pulau yang masih belum terjamah oleh orang sehingga banyak wisatawan yang terpikat untuk menikmati keasriannya.

Kekayaan alam berupa pusat hayati laut tropis menjadikan Raja Ampat dinobatkan sebagai lokasi warisan dunia oleh pemerintah. Jika Anda ingin lebih dalam mengenal sejarah Raja Ampat Papua, cobalah untuk datang menikmati keeksotisannya. Teluk Cenderawasih yang ada di dalam kepulauan Raja Ampat juga merupakan taman nasional terbesar di Indonesia.

Itulah sejarah Raja Ampat Papua dapat Anda ketahui sebagai informasi sebelum berkunjung ke sana. Memilih Raja Ampat sebagai tempat liburan akan menjadikan Anda semakin bangga sebagai warga Indonesia atas kekayaan yang ada di dalamnya.

Pengunjung Juga Mencari:

  • sejarah raja ampat
  • sejarah raja ampat di papua
  • raja ampat papua